Monday 11 July 2011

Fantasy Fiesta 2010 (antologi cerita fantasi terbaik 2010)

Judul : Fantasy Fiesta 2010
Penerbit : Andhika Pustaka
Ini buku gue baca setelah gue mengirim cerpen fantasi gue ke lomba. Sumpah, gue langsung putus asa sedalam-dalamnya setelah membaca isinya. Gila, pengarangnya jago-jago amat. Hebat dan pertamax!!

Resensi :
Mari sejenak berkelana ke tanah angan.

Tanah di mana yang Hidup Seribu Tahun masih terus bernafas dan melangkah. Tempat di mana Burung Api masih mengarungi langit. Panggung di mana para dewa mementaskan Drama Terhebat Yang Pernah Ada. Dan realita di mana Nama Terlarang mengintip dari balik angkasa.

Mari bersama-sama menerbangkan daun harapan di Bukit Angin. Menelusuri kota misterius Apollyon. Berlari bersama Bocah Serigala, meraung bersama si Pengubah Wujud. Mengunjungi Kota Para Buas dan Istana Camar. Menonton Boxinite di Planet X31. Menjelajahi Labirin tak berujung.

Mari menari di Rhytma! Berteman Matahari Sylvania, bermandikan Hujan. Satukan tangan bersama Yang Empat, dan bertualang bersama Moka si Mobil Jelaga. Mencumbu Api Rangda, Mencandu Aksara, Merindu Buku bersama Wan dan Na.

Selamat datang di Fantasy Fiesta. Mari berpesta! 


Ah, karena ini sebuah antologi gue bikin review tiap cerita saja.

1. Bocah Serigala dan Isyarat-Isyarat Api - Jaladara
Pembuka yang bagus. Gue suka sama nama-namanya yang aneh. Cakar Serigala Memecah Bulan, hahaha... Sepertinya penulis terinspirasi Wiro Sableng atau apa. Cukup menarik di mana gunung meletus digambarkan sebagai dewa yang marah. Kerasa banget suasana fantasinya dengan segala ritual dan kepercayaan suku.


2. Hujan - Ivon Natasa
Begitu selesai membaca, gue nggak tau apa hubungan judulnya dengan ceritanya. Tentang orang mati yang bertemu naga dan tuannya sebelum masuk ke dunia akhirat. Gue suka sih sama naganya. Tapi menurut gue agak aneh.


3. Candu Aksara - Dewi Putri Kirana
Baru pertama kali baca buku pake sudut pandang orang kedua. Lucu banget. Salah satu cerpen terbaik menurut gue dan memang jadi juara satu lomba Fantasy Fiesta 2010. Orang kok makan buku? Hahahaha...


4. Boxinite - R. Mailindra
Wah, fantasi futuristik banget. Bukan tipe gue sih, dengan segala adegan boxing-nya. Cuma gue kagum aja bisa ngejelasin perselisihan antara manusia dan alien. Imajinasinya mantap.


5. Aku Hidup Seribu Tahun - L. M. R. Pradana
Yah, awalnya menarik sekali. Bikin gue penasaran membaca lebih lanjut. Hanya saja gue nggak begitu suka dengan akhirnya. Ceweknya mati dan sudah. Begitu doang. Tanpa penjelasan sebenernya dulunya si cewek itu hubungannya apa sama si tokoh utama. Atau gue emang lemot nangkepnya. Eaaa...


6. Api - Klaudiani
Suka, nih. Gue emang paling demen sama kekuatan-kekuatan model di film Heroes begitu. Apalagi ada agen-agen rahasianya. Top markotop lah.


7. Apollyon - Fachrul R. U. N.
The best from all twenty stories. Astaga, merinding banget bacanya. Aftertaste-nya mantap gila. Tipe model cerita Stephen King yang bikin merinding banget. Salut sama penulisnya.


8. Kota Para Penjarah - Luz Balthasaar
Pesan moralnya mengena sekali. Jangan membunuh binatang karena merusak alam. Di sini digambarkan kalau binatang tersebut bisa marah dan melawan. Walaupun si binatang tersebut juga bisa berubah wujud jadi manusia. Keren banget. Gue suka tokoh utamanya. Harimau salju, eh? Cewek pula. Keren!!!


9. Sang Pelukis - Fredrik Nael
Yah, jenis cerita yang deskripsi fantasinya sangat dalam tapi gue nggak dapet apa-apa di dalamnya. Nggak suka gue.


10. Anak Lelaki dan Si Pengubah Wujud - Magdalena M. Amanda
Bagus, sih. Sederhana. Tentang suatu suku di hutan mencari obat untuk menyembuhkan penyakit. Sangat zaman dulu banget. Menghibur.


11. Kerinduan Buku - Elbintang
Inilah salah satu cerpen yang bikin gue mikir bolak-balik. Ini maksudnya apa sih? Eh, nggak taunya... Baru tau di akhir cerita. Mengingatkan gue akan film seperti Deja vu. Kudu banyak mikir.


12. Dewa Laut Istana Camar - 145
Wih, kucingnya lucu banget. Tentang agen juga tapi nggak pake kekuatan-kekuatan mistis. Bagus banget! Emang dasar gue senengnya yang ada action-nya.


13. Moka Si Mobil Jelaga - Yuniar K.
Cerpen BOBO!!! Mobilnya bisa ngomong. Sangat anah-anak sekali. Mengingatkan gue akan zaman gue dulu masih kecil. Jadi, merasa tua deh.


14. Drama Terhebat Yang Pernah Ada - Tyas Palar
Kocak, cuy! Dewa-dewanya lucu. Terus bagusnya adalah drama yang dipentaskan dewa ditonton manusia lewat mimpi-mimpi mereka. Idenya boleh juga.


15. Rhytma - Bonmedo Tambunan
Sangat fantasi. Bahwa gerakan musik dan tarian bisa membunuh. Cukup menendang sekali idenya. Walau jahat sekali si cewek bunuh saudara cowoknya demi kekuasaan.

16. Labirin - Aphrodite
Ini seperti film Inception. Tapi bukan tentang mimpi, tentunya. Labirin itu menceritakan kalau di dalam cerita ada cerita lagi. Sang Pencipta atau mungkin maksudnya pengarang bisa mengubah segalanya dalam sekali jentik.


17. Nama Terlarang Di Angkasa - Calvin M. Sidjaja
Hmm... teori psikologi yang bagus. Sedikit tercampur mitologi dan sejarah. Kreatif! Cuma yah, kejam juga karena tokoh utama dicuri namanya dan jadi gila. Mencuri nama! Ada-ada aja.


18. Speak of The Devil : Perangkap - F. A. Purawan
Biasalah. Manusia vs Makhluk lain. Digambarkan kalau manusia itu sebagai pihak yang jahat. Bagus sih action-nya. Cuma tidak berkesan saja buat gue.

19. Hari Terakhir - Erwin Adriansyah
Boleh lah. Pertarungan antara dua kubu. Tapi biasanya tokoh utamanya menang, kalau yang ini tokoh utamanya yang jadi pihak kalah. Mengejutkan sekali (lebhay!!!).


20. Matahari Sylvania - R. D. Villam
Cerpen ini bisa jadi cerita panjang sih. Cuma penulis berhasil menceritakannya hanya dalam beberapa halaman saja. Keren sih menurut gue. Gue emang suka cerita tentang kerajaan dan perang, soalnya.


Yah, sekian. Kesimpulannya gue kagum banget sama penulis-penulisnya yang bisa nulis cerita yang sangat membukakan mata dan membuat gue menyerah. Masalahnya, cerpen gue nggak ada apa-apanya sama ini. OMG!


Lima bintang! Still need to ask?

Dreamer almost finished one project... *happy


:)

4 comments:

  1. Thanks a bunch buat lima bintangnya, ya.

    Ini pengalaman yang menyenangkan juga buat gw dan teman-teman di fantasy fiesta.
    Lebih menyenangkan lagi bisa menyapa pembaca-penulis di mana saja. Makin pesta rasanya :D
    tengkyuh

    eee...h ikutan tahun ini? nomer berapa? ^_^

    ReplyDelete
  2. hehehe, salam kenal kalo begitu :)
    aku ikut tahun ini,nomer 39
    thx dah mampir di sini...

    ReplyDelete
  3. Makasih buat review-nya ya Sabrina, dan makasih juga buat lima bintangnya ;)

    Salam kenal, baidewei! :D

    ReplyDelete
  4. salam kenal juga, dewi putri kirana :)

    ReplyDelete