Thursday 27 September 2012

Little Women


Judul : Little Women
Penulis : Louisa May Alcott
Tebal : 392 halaman
Penerbit : Bukune

4 wanita kecil dari keluarga March...

Meg, gadis enam belas tahun yang cantik dan feminin. Ia punya impian untuk menikah dengan orang kaya sehingga dia tidak perlu bekerja.

Jo, si anak kedua yang paling bandel dan tomboi. Dia selalu merasa sebagai pemimpin keluarga karena ayah mereka berada di medan perang.

Beth, si lembut yang sangat baik hati. Dia pecinta binatang dan tidak suka menimbulkan konflik seperti saudara-saudaranya.

Amy, si bungsu yang manja dan egois. Dia punya bakat seni yang sangat baik namun ia sering membuat orang kesal dengan kesombongannya.

Mereka berempat sama-sama masih muda dan masih belajar bagaimana menghadapi masalah kehidupan. Inilah kisah sehari-hari mereka yang penuh warna. Kadang penuh tawa, kesedihan, pahit, manis, dan menyenangkan.

Kesan:
Saya selalu suka membaca cerita kehidupan sehari-hari yang tidak banyak masalah dan hanya membahas realitas kejadian sederhana. Cerita seperti ini ringan, tenang, dan mendamaikan.

Seperti itulah rasanya membaca Little Woman. Saya ikut bersenang-senang bersama Jo yang senang bertualang bersama Laurie, sahabatnya; tersenyum melihat Meg jatuh cinta pada pemuda biasa yang ternyata tidak kaya; cemas saat Beth sakit dan hampir meninggal; dan gemas melihat Amy yang kadang suka bikin kesal.

Kisah ini terkesan agak terpisah setiap babnya. Karena setiap bab menceritakan pengalaman berbeda dari setiap tokohnya. Dari setiap pengalaman itu kita bisa belajar mengenai pemecahan masalah sederhana dan juga pendalaman karakter tokoh-tokohnya. Saya harus mengacungkan jempol pada pengembangan karakter yang ditulis dengan sangat baik ini.

Salah satu karya sastra klasik yang tidak boleh dilewatkan. 

4/5 

2 comments:

  1. udah baca yang terbitan Serambi? kira-kira bagus yang mana terjemahannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku baru tau klo diterbitin sama penerbit lain di indo... tapi yg ini terjemahannya oke kok :)

      Delete