Tuesday 23 October 2012

Hanami


Judul : Hanami
Penulis : Fenny Wong
Tebal : 456 halaman
Penerbit : Gagasmedia

Nishikado Sakura, Kawaguchi Keigo, dan Sakamura Jin...

Ketiganya tanpa sadar memiliki masa lalu yang saling terkait. Semuanya disembunyikan demi melindungi perasaan masing-masing. 

Dimulai saat Sakura bertemu dengan seorang nenek yang ternyata mengenal ibunya di masa lalu. Selama ini Sakura selalu bertanya-tanya siapakah orang tuanya dan kenapa ia hanya tinggal berdua dengan Keigo. Di mata semua orang, kesan tinggal berdua dengan seorang laki-laki sangatlah buruk. Namun Sakura hanya menganggap Keigo sebagai kakaknya.

Keigo yang dulu memiliki reputasi yang bagus dalam kelompok Yakuza. Namun seorang Sakura mampu meluluhkan hatinya dan membuatnya ingin berubah demi melindungi gadis itu. Dialah yang selalu setia menunggu di rumah dan menyediakan kebutuhan untuk Sakura. Dia jugalah yang selalu siap menolong Sakura setiap kali masalah datang.

Jin memendam kebencian yang sangat dalam kepada ibu Sakura. Pertemuannya dengan Sakura membuatnya senang karena akhirnya ia bisa membalaskan dendamnya. Ia ingin menyakiti Sakura dan menyalahkannya atas apa yang terjadi dalam hidupnya. Karena keberadaan Sakura, ia harus kehilangan ayahnya dan juga masa kecilnya yang bahagia.

Saat benang masa lalu itu mulai terjalin, apakah Sakura siap menghadapi kenyataannya? Dan di akhir... siapa yang akan dipilih Sakura, Keigo yang selalu setia melindunginya atau Jin yang membencinya?

Kesan:
Hal pertama yang menarik perhatian saya dari buku ini adalah sinopsis di belakang bukunya. Sinopsis itu hanya berupa ungkapan perasaan Keigo dan Jin kepada Sakura. Entah kenapa saya langsung tertarik membacanya begitu saya membelinya. Biasanya saya suka menyimpan buku yang baru dibeli di urutan bacaan terakhir.

Cerita ini sangat berbau Jepang. Saya harus memuji Fenny karena bisa menciptakan suasana dan menyajikan budaya Jepangnya dengan sangat baik. Bahkan tokoh-tokohnya pun sangat "komik Jepang".

Pada dasarnya, saya tidak suka dengan tipikal tokoh yang selalu menjadi pusat perhatian dan dilindungi terus-menerus oleh orang lain. Banyak tokoh cewek di komik Jepang sekarang yang begitu. Hampir setiap lembarannya dipenuhi air mata dan kalimat, "Tolong lindungi aku!" Ini sih masalah selera. Hanya saja Sakura dalam buku ini juga seperti itu walaupun tidak terlalu berlebihan seperti komik-komik itu. Dan karena ini novel berbau Jepang, saya terima saja karena mungkin memang begitulah cewek-cewek Jepang. Saya kan tidak tahu aslinya seperti apa.

Plot cerita ini rapi. Alurnya cepat namun saya tidak merasa kalau semuanya diburu-buru. Bahasanya ringan dan enak dibaca. Bahkan perpindahan antara masa lalu dan masa depannya cukup mengena dan tidak terasa aneh. 

Dan yang paling saya suka dari buku ini adalah ikatan masa lalu antara Sakura, Jin, dan Keigo. Jenius! Entah kenapa saya merasa sedih dan nyenyes sewaktu segalanya terbuka. Kasihan Jin, kasihan Sakura, kasihan Keigo... Ketiganya harus kehilangan orang tua masing-masing karena perbuatan orang yang sama.

Saya mengenal tulisan Fenny sudah cukup lama, mungkin ada kali 10 tahun. Jadi, saya bisa merasakan perubahan yang besar dari gaya penulisannya. Hanami ini menunjukkan kemajuan yang sangat luar biasa. Dibandingkan dengan Moonlight Waltz (karya pertamanya) dan beberapa karyanya yang lain, Hanami ini almost perfect sampai saya bingung mau komentar apa. Haha...

Yang jelas saya akan terus menunggu karya-karya Fenny yang lain.

4/5

No comments:

Post a Comment