Friday 9 November 2012

Ghost Hunter


Judul : Ghost Hunter (Chronicles of Ancient Darkness #6)
Penulis : Michelle Paver
Tebal : 240 halaman
Penerbit : Orion

Torak resah dan tidak bisa diam saat mengetahui kalau fire opal terakhir dimiliki oleh Soul Eater dari klan Eagle Owl. Ia ingin menyelesaikan semuanya. Ia ingin memenuhi takdirnya sebagai penumpas seluruh Soul Eater. Tapi masalahnya, Eostra si Soul Eater terakhir ini sangatlah sakti dan kejam. Ia ingin menguasai iblis dan juga manusia.

Finn-Kedin tidak ingin Torak pergi karena bagaimanapun sekarang Torak adalah anak angkatnya. Tapi Torak tidak peduli. Ia sengaja kabur lagi bahkan tanpa bilang apa-apa pada Renn. Ia pergi menemui Wolf untuk mengucapkan selamat tinggal karena kali ini perjalanannya hanya untuk Torak sendiri saja.

Renn marah. Lagi-lagi Torak meninggalkannya. Ia pun menyusul Torak.

Di sisi lain, seekor Eagle Owl yang sudah dirasuki roh iblis diutus oleh Eostra untuk membunuh Wolf dan Renn agar Torak tidak punya teman lagi untuk dimintai bantuan. Dalam penyerangan itu, Wolf kehilangan anak dan istrinya. 

Wolf putus asa. Ia tidak ingin hidup lagi. Tapi Torak terus menemaninya. Renn yang akhirnya bergabung menyarankan agar mereka pergi bersama. Tapi Torak tidak mau. Ia menyatakan perasaannya pada Renn dan berharap Renn bisa bahagia karena ia harus menggenapi nasibnya sendiri. Kebetulan ramalan nasibnya adalah mati di tangan Soul Eater.

Dalam perjalanannya ke puncak gunung di mana Eostra melaksanakan ritual pemanggilan iblis, Torak bertemu dengan seorang anak yang memelihara Raven berwarna putih. Siapakah dia? Dan bagaimana petualangan ini akan berakhir? Benarkah Torak akhirnya mati?

Kesan:
Akhirnya sampai ke buku terakhir juga. Saya tidak menyangka endingnya bagus banget. Saya masih terpukau sampai sekarang saking suka sama endingnya. Saya nggak nyangka Wolf menyelamatkan Torak dengan cara begitu. Saya jadi cinta mati sama si Wolf yang sangat setia itu.

Status Torak sebagai spirit walker dan juga seseorang yang diselamatkan dari kematian oleh serigala membuat Torak ditakuti semua orang. Tidak ada yang berani mendekatinya. Itu sebabnya ia memutuskan untuk pergi meninggalkan kemah Raven clan untuk mengembara sendiri bersama Wolf. Awalnya saya sempat agak waswas kalau endingnya akan menggantung dan sedih. Padahal saya sudah mengharapkan happy ending karena bagaimanapun ini kan buku fantasi anak-anak.

Tapi tentu saja nggak mengecewakan. 

Keluhan saya hanya pada adegan mengalahkan Eostra yang kurang meyakinkan. Selama ini saya menyangka Eostra itu paling kuat dan paling mengerikan dari semua Soul Eater, tapi adegan pembunuhannya nggak banget. Walaupun begitu saya tetap memberi buku ini lima bintang karena endingnya yang sangat heartwarming.

Lalu pemecahan akhirnya memang agak maksa, terutama kemunculan si pengendali Raven putih. Tapi yang penting Torak dan Renn tidak perlu berpisah lagi. Wolf juga kembali bertemu dengan istri dan anaknya lagi walau anaknya tinggal satu. Kerenlah pokoknya. Tapi sayang seri ini sudah berakhir.

Sebagai catatan, keseluruhan judul buku seri Chronicles of Ancient Darkness berasal dari semua julukan Torak. Sebagai saudara serigala (Wolf Brother), spirit walker, soul eater, yang terbuang (Outcast), pelanggar sumpah (Oath Breaker), dan juga pemburu iblis (Ghost Hunter).

Seri Chronicle of Ancient Darkness:
6. Ghost Hunter

5/5

4 comments:

  1. Aku suka suka sukaaaaaaa banget sama serial ini. Sayang tanggapannya di Indo adem2 aja. Senang ngeliat ada temen BBI yg suka juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya juga suka bngt!! tapi emang ga bny ya yg suka buku ini hehe...

      Delete
  2. tertarik baca judulnya ^^ tapi kok uda no6 aja Sab T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... serem ya udah buku ke-6, tapi bukunya tipis2 kok ^^

      Delete