Thursday 17 January 2013

Fantasy Fiesta 2011


Judul : Fantasy Fiesta 2011: Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2011
Tebal : 325 halaman
Penerbit : Adhika Pustaka

Mungkinkah kucing kesayanganmu sesungguhnya datang dari dunia lain?

Sampaikah cinta Pungguk kepada Sang Gadis Bintang?

Apa jadinya jika Sang Raja menghukum mati para pengucap kata “aku”?

Apa yang kau perbuat, andai maut memberi waktu enam belas menit bersama orang yang kau sayangi?

Dan apakah beda dusta dan nyata, jika yang manapun menghasilkan keajaiban?

Fantasy Fiesta 2011 kembali mengajak Indonesia untuk berani menuangkan mimpi. Dua puluh cerita terbaik dari para penulis fiksi fantasi Indonesia, dipersembahkan kepada mereka yang selalu merindui tanah angan.

Review:
Karena ini antologi, seperti biasa saya akan bahas satu-satu saja.

1. Bentala-Imaji (Fredrik Nael)
Mengisahkan Bentala yang pernah menjadi seorang penulis blog di masa mudanya. Blognya berisi kisah dunia masa kecilnya, mimpi-mimpinya, dan imajinasinya. Namun di masa dewasanya, Bentala tidak lagi menulis blognya. Tapi ia dipertemukan dengan seorang perempuan yang tahu tentang blognya itu dan menjadi sukses karena terinspirasi oleh tulisan-tulisan Bentala. 
Cerpen ini menurut saya agak dalam ya maknanya. Agak kaget juga karena diletakkan di halaman awal. Yang saya tangkap dari cerpen ini adalah kalau semakin kita dewasa, kita tidak lagi percaya impian-impian mustahil masa lalu. Kita meremehkan hal-hal yang dulu membuat kita terpesona sewaktu kita masih kecil. Bahkan kita tidak lagi lagi percaya akan imajinasi dan mimpi itu. Seperti yang ditulis di bagian akhirnya : "Karena apalah gunanya impian bila tidak diwujudkan?" 
Yah, itu yang saya tangkap. Tapi saya nggak mau sotoy juga.
Kesan: Cukup menarik sebagai pembuka kisah. Tidak terlalu fantasi tapi bermakna.

2. Bhupendra Gagan (Salvirius Sandy)
Ceritanya bersetting di kerajaan yang diperkirakan berada di antara Sri Lanka dan India. Dulu di situ ada kerajaan yang diperintah oleh raja kejam bernama Bhupendra Gagan. Raja ini membuat peraturan yang melarang semua orang mengucapkan kata "aku". Kata "aku" harus diganti dengan kata "Tuhan". Semua orang yang melanggar harus dibunuh. Salah satu penduduk bernama Mehal membenci sang raja karena telah membunuh keluarganya yang kebetulan melanggar perintah konyol itu. Ia ingin membalas dendam. Tapi seiring tahun berlalu, ternyata perintah konyol itu telah membuat kerajaan itu damai dan tenteram. Tindak kriminal tidak lagi terjadi karena setiap kali ada orang yang ingin mencuri, mereka akan merasa bersalah sendiri. Bayangkan saja. "Jangan ambil ini. Ini punya Tuhan (aku)." Kan jadi takut sendiri karena menganggap segala barang milik Tuhan. Negeri damai itu akhirnya diangkat ke langit karena banyak manusianya telah mencapai moksa. Sri Lanka dan India pun terpisah menjadi dua pulau. 
Astaga, unik banget. Tidak aneh cerita ini mendapat juara tiga lomba Fantasy Fiesta 2011. 
Kesan: Menarik sekali, ternyata peraturan konyol bisa berakhir baik juga. Kaitan cerita dengan epos Ramayana dan agama Hindunya keren.

3. Dongeng Kanvas (Luz Balthasaar)
Kisah Una, gadis buta yang adalah cucu dari pelukis terhebat di kerajaan. Ia ingin menjadi seperti kakeknya dan belajar melukis mati-matian. Ia membedakan warna dari baunya dan ia melukis dengan perasaan. Tapi tidak sekalipun ia bisa mengalahkan kakeknya yang ternyata mendapatkan bantuan dari para peri. Una yang putus asa suatu hari didatangi peri dan sejak itu ia menjadi pelukis yang hebat. Namun ada rahasia di balik kemunculan peri itu.
Cerpen ini dapat juara dua. Tapi entah kenapa saya biasa saja, hehe...
Kesan: Membuahkan senyum di akhir karena akhirnya Una bisa melihat warna-warni yang dulu hanya ada di bayangannya saja.

4. E [epsilon] (Klaudiani)
Ini adalah kisah lanjutan dari cerpen Klaudiani di buku Fantasy Fiesta 2010. Hebatnya saya masih ingat dengan cerpen itu jadi saya bisa "ngeh". Menceritakan agen rahasia yang punya kekuatan super hero dan mereka sedang memusatkan diri pada proyek mengawasi anak yang punya kekuatan api tak terkontrol bernama Epsilon. Dan ternyata alasan Epsilon tidak bisa mengontrol kekuatannya adalah karena seorang pengkhianat di dalam organisasi agen rahasia tersebut. 
Kesan: Selalu suka dengan pengkhianatan dan kekuatan super. Tapi biasa saja sih.

5. Enam Belas Menit (Shao An)
Mirip dengan Before I Fall-Lauren Oliver yang baru saya baca akhir tahun lalu. Pengulangan waktu yang sama di mana sang tokoh harus kehilangan istrinya dan tidak mampu menyelamatkan nyawa istrinya itu dalam 16 menit. Namun di saat itulah ia baru benar-benar mengenal istrinya karena selama ini ia terlalu sibuk bekerja untuk peduli.
Kesan: 16 menit kegagalan yang berlangsung selamanya pasti mengerikan sekali.

6. Hari Terakhir Ishan (Cloverwitch)
Bayangkan kalau kalian dilahirkan hanya untuk dikorbankan di usia 16 tahun? Sesuai tradisi, salah satu anak perempuan keluarga Marquelith harus dikorbankan demi menjamin kedamaian dan menghindarkan murka Roh penciptaan. Ishan tidak ingin berkorban di saat ia jatuh cinta pada seorang pemuda di hari-hari terakhir hidupnya.
Kesan: Hidup ini memang tidak adil. 

7. Hikayat Pungguk Merindukan Bulan (F.A. Purawan)
Ah, saya suka cerita ini. Mengaitkan peribahasa dengan sebuah kenyataan. Pungguk jatuh cinta dengan seorang gadis bintang terdampar di bumi tanpa bisa bertemu lagi dengan gadisnya itu. Masalahnya, sang gadis terpaksa membantu sukunya menghancurkan planet tempat Pungguk tinggal demi kelangsungan hidup planet gadis itu. Kini Pungguk hanya sendirian di bumi merindukan rembulan, tempat pertemuannya dengan sang gadis di masa lalu.
Kesan: Agak sedih dan lonely. Tapi karena ini cerpen, jadi kurang pol.

8. Kembali Ke Morova (R. D. Villam)
Perjalanan Niko dan Alex di sebuah kereta. Kereta itu dibajak dan Niko tiba-tiba bangun sendirian dan hanya bisa pergi ke Morova dengan berjalan kaki. Di sana ia bertemu orang-orang dari masa lalunya. Namun ternyata Morova adalah kota kematian...
Kesan: Andai perjalanan menuju kematian yang sebenarnya seindah ini...

9. Kisah Sang Kerudung Merah (Serpentwitch)
Sudah banyak kisah yang memodifikasi dongeng Kerudung Merah ini. Cerpen ini salah satunya. Jadi, siapa serigalanya kali ini?
Kesan: Kasihan amat sih si Kerudung Merah ini, pada akhirnya hanya sendirian.

10. Leyl-Hasrat Bebas (Elbintang)
Saya nggak begitu mengerti inti cerita ini. Jadi, di dunia Leyl semua orang adalah manusia-binatang. Mereka bisa berubah wujud dan punya kualitas lebih baik dibandingkan manusia biasa. Leyl harus dilantik dan membuktikan diri sebagai manusia-binatang yang layak dengan membunuh. Tadinya ia tidak mau membunuh tapi keadaan memaksanya untuk mengubah pandangannya. 
Kesan: Kurang memorable.

11. Menuju Akhir Masa (Shienny M. S.)
Ray sudah meninggal karena kecelakaan. Meninggal secara konyol, sebenarnya. Ia ditabrak karena kesalahan remaja bodoh yang tak punya aturan. Seorang malaikat mengajukan penawaran pada Ray. Ray boleh hidup lagi asal ia mau memutus benang yang mengikat seorang malaikat lain bernama Azrael. Azrael diikat oleh jutaan benang dan tidak bisa bergerak. Awalnya Ray menolak karena takut itu hanya jebakan, tapi akhirnya ia menurut. Ia hidup dan mengulangi kejadian yang sama. Namun sebagai gantinya, sebuah bus berisi puluhan penumpang kecelakaan dan bus itu adalah bus yang selalu dinaiki ibu Ray. Dan ternyata Azrael adalah...
Kesan: Ironis dan creepy. Tapi saya suka banget. Salah satu cerpen favorit saya di buku ini.

12. Misteri Pulau Goudian (Rickman Roedavan)
Dmitri adalah kapten kapal yang dihormati. Ia sedang mengunjungi seniornya di penjara. Kebetulan senior itu pulang dari sebuah pulau sendirian tanpa awak kapalnya. Menurut pengakuan senior itu, senior itu sudah membunuh seluruh awak kapalnya. Dmitri tidak percaya dengan pengakuan itu. Ia pun pergi ke Pulau Goudian untuk menyelidiki apa yang terjadi. Pulau Goudian ini unik sekali. Dia tidak bisa dilihat oleh mata. Dan Goudian adalah pulau surga yang penuh dengan emas dan harta karun. Namun Goudian adalah pulau yang memunculkan keegoisan dan rasa haus akan kekayaan. Orang yang berhasil mengalahkan lawan-lawannya akan bisa memiliki kekayaan itu untuk dirinya sendiri. Dan Dmitri pulang dengan keadaan sama seperti seniornya.
Kesan: Manusia dan harta, ckckckck... Saya suka cerita dan pesan yang tersembunyi dalam kisah ini. Salah satu cerpen favorit juga.

13. NeiL | LieN (Magdalena M. Amanda)
Neil punya saudara kembar bernama Lien. Namun Lien tidak bisa dilihat oleh orang luar karena Lien berada di dalam Neil. Awalnya semua orang mengira Neil gila dan punya gangguan kejiwaan. Neil membenci Lien karena gadis itu telah membuat dirinya menjadi seorang freak. Tapi suatu kali, Lien menyelamatkan Neil. Ternyata Lien bisa muncul dalam bayangan cermin dan mengalahkan si penjahat. Neil selamat dan Lien pun menghilang setelah itu. Seperti kalimat "Kau tidak akan menyadari betapa berharganya seseorang sampai kau kehilangan orang itu", Neil pun merindukan Lien. Lien yang tahu Neil membencinya tidak berani kembali sampai Neil memintanya sendiri.
Kesan: Andai, saya punya saudara kembar seperti itu di dalam diri saya. Lumayan berguna juga.

14. Noel (Feby Anggara) 
Sebuah penelitian yang berakhir dengan buruk. Untuk membangkitkan kekasihnya yang sudah meninggal, Darius melakukan penelitian dan menciptakan sosok kekasihnya. Noel sendiri adalah hasil dari keberhasilan Darius. Ia hidup dari kenangan kekasih Darius yang lama dan tidak sadar kalau dia hanyalah sebuah kloning. Penelitian itu membuat Darius menjadi jahat dan gila. Bahkan satu demi satu rekan penelitinya mati. Jadi, sebenarnya apa yang terjadi?
Kesan: Cukup unik dan bikin penasaran. Tapi endingnya kurang pas, saya ingin tahu apa yang terjadi selanjutnya pada Noel dan penjahat aslinya.

15. Oris (I. B. G. Wiraga)
Kucing ajaib. Jadi, si Windi ini kayak Cinderella tanpa pangeran. Ia hidup bahagia dengan ayahnya tapi begitu ayahnya meninggal, ia harus tinggal bersama paman bibinya yang jahat. Paman bibinya ingin membunuh Windi demi mendapatkan kekayaan sang ayah. Untungnya Windi punya Oris, kucing yang selalu melindunginya. Siapakah Oris? Dan apakah Windi bisa lepas dari cengkeraman paman bibinya?
Kesan: Saya suka penyelesaiannya. Hadiah Oris untuk Windi itu bagus banget. 

16. Petra (Bonmedo Tambunan)
Ah, saya tidak pernah membaca seri Xar & Vichattan. Jadinya, saya tidak begitu mengerti latar belakang cerpen ini. Saya hanya menangkap kalau Petra itu ambisius walaupun sepertinya pengkhianatan yang dilakukannya punya alasan kuat. Saya tidak tahu alasan apa itu. Yang jelas perbuatannya telah membuat dua orang yang paling menyayanginya berbalik dan menyimpan dendam.
Kesan: Nggak jelas.

17. Selamanya Bersamamu (Fachrul R. U. N.)
Yah, saya suka cerita maniak sih. Jadi, saya suka cerpen ini. Menceritakan Margarita yang mencintai pangeran kegelapan. Cintanya obsesif dan sakit sehingga ia rela melakukan segala sesuatu demi mengurung sang pangeran dalam dunianya yang sepi, memenjarakan dan mengontrol sang pangeran untuk selamanya. Gaya tulisan cerpen ini unik karena berupa monolog orang sakit jiwa.
Kesan: Brilian. Salah satu cerpen favorit.

18. Selamat Datang di Wonderland (Kristy S. Tjong)
Cerita orang yang terperangkap di Wonderland. Wonderland itu semacam taman bermain. Mereka yang ingin bebas harus mengumpulkan poin. Poin itu juga berarti uang untuk makan dan sebagainya. Kalau mau cepat bebas, orang harus irit dan sering menang dalam taruhan dan permainan lainnya. Tapi kalau betah, silakan tinggal untuk selamanya. Kebetulan orang tidak bisa mati di Wonderland.
Kesan: Creepy. Bikin suasana hati agak nggak enak.

19. Tukang Sapu (Erwin Adriansyah)
Salah satu cerpen yang maknanya dalam. Sesuai judulnya, tokoh utamanya adalah tukang sapu tak bernama yang hidupnya sederhana. Kita akan dibawa melihat kehidupan tukang sapu, seseorang invisible di kehidupan sehari-hari namun sangat berjasa. Tapi tukang sapu ala penulis hanyalah sebuah roh yang bisa berpindah-pindah. Dia bisa berganti peran. Kebetulan di akhir cerita, si roh ingin mencoba menjadi penulis dan dia masuk ke dalam tubuh seorang pemuda bernama Erwin Adriansyah.
Kesan: Ada-ada saja. Jadi, penulisnya itu roh tukang sapu toh...

20. Wanita Pembisik (Xeno)
Nahra ingin membalas dendam. Keluarganya dikhianati dan difitnah. Ia dibuang dan dikejar-kejar orang yang ingin menghabiskan nyawanya. Untungnya, ia mendapat bantuan dari wanita pembisik. Wanita pembisik ini tidak punya bentuk dan tidak bisa dilihat. Sayangnya, Nahra tidak tahu bahwa ia dijebak oleh si wanita pembisik. Apa yang terjadi pada Nahra selanjutnya?
Kesan: Menipu. Ternyata wanita pembisik seperti itu rupanya.

Jujur, saya lebih suka antologi Fantasy Fiesta 2010. Nggak tahu kenapa. Lebih variatif mungkin. Di sini saya paling suka Misteri Pulau Goudian, Menuju Akhir Masa, dan Selamanya Bersamamu. Yang lainnya biasa saja karena kurang memorable. Tapi saya kan memang bukan penggemar cerpen, jadi sudahlah.

4/5   

No comments:

Post a Comment